Rabu, 12 Maret 2014

Fingerstyle guitar di Indonesia | Indonesian Fingerstyle Guitar Community (IFGC)

Halo halo, selamat malam.., kembali lagi melihat post sayaa (gatau deh kalian liat post saya yang sebelumnya ngga), kali ini saya mau kembali sharing atauu lebih ke promosi sih sebenernya. Mm, pernakah anda mendengar tentang permain gitar SOLO FINGERSTYLE ?
, mungkin permainan teknik ini masih terdengar asing bagi para gitaris awam di INDONESIA, ya minimal kalian
kudunya tau gitaris fingerstyle cilik asal Korea Selatan yang sekarang sudah tumbuh menjadi seorang gitaris muda berbakat yang ganteng kaya writer post ini B). Oke balik ke penjelasan fingerstyle itu sendiri, kata "Fingerstyle" berasal  dari kata Fingerpicking - Style , yang secara harfiah dapat di definisikan sebagai suatu tehnik gitar dimana senar di petik oleh ujung jari , kuku , atau pick yang di pasang di jari (fingerpick/thumbpick). berbeda dengan  dengan tehnik flatpicking ( memetik not-not individual dengan flatpick , atau yang pada umumnya orang indonesia ketahui sebagai "pick"  ), ya sekilas teknik2 dasarnya sama dengan permainan gitar klasik, mungkin udah cukup ya gambarannya (lengkapnya bisa cari info di Google), dan iniiiii adalah suatu komunitas para gitaris fingerstyle pertama yang ada di negeri kita tercinta Indonesia :'), namanya INDONESIAN FINGERSTYLE GUITAR COMMUNITY (IFGC), yaa seperti komunitas lain, ini tempat untuk share, sebuah wadah tempat berbagi ilmu , bertanya seputar Fingerstyle dari alat , tehnik , dan lain-lain yang berkaitan dengan Fingerstyle. Menjadi sarana apresiasi bagi seniman , penikmat , luthier (gitar) dalam hal seputar Fingerstyle. Saya sendiri baru kenal komunitas ini sekitar 5 bulan yang lalu dan hanya aktif di dunia maya. Oiya!, ini link komunitas tersebut :
FB: https://www.facebook.com/groups/IndonesianFingerstyleGuitarCommunity/
Twitter: @id_fingerstyle
Kaskus: http://www.kaskus.co.id/post/000000000000000258942100#post000000000000000258942100
Youtube : http://www.youtube.com/user/TheIFGC
komunitas ini sering ngadain gath, recording session atau event2, yang banyak ngadain seperti itu regional Jakarta dan Bandung, saya sendiri posisi di Cirebon, yaa kalo ada yang minat di regional Cirebon bisa hubungin saya, kita meet terus sharing dah :)
Ini ada beberapa video dari temen2 IFGC itu :
 

 
 yaa, coba dilihat, diresapi, dinikmati, kalo tertarik silahkan gabung :), sekian post kali ini, semoga kalian paham apa yang saya bicarakan, mohon maaf kalo kurang jelas dan ada yang kurang berkenan.. :)